Teknologi virtual dan augmented reality menawarkan peluang besar bagi bisnis. Mereka dapat digunakan untuk meningkatkan hampir semua aspek bisnis, menjadikannya lebih visual, lebih jelas, dan dapat diakses oleh karyawan dan konsumen produk.
AR (Augmented Reality) adalah teknologi yang memungkinkan Anda menambah dunia fisik nyata dengan objek 3D virtual, teks, animasi, dan efek visual lainnya melalui layar perangkat.
AR tidak sama dengan VR (virtual reality). Bedanya, VR seluruhnya terdiri dari objek yang dibuat dalam program, yaitu objek virtual. Helm atau kacamata khusus, seperti Oculus Rift, digunakan untuk melihat konten VR.
Teknologi AR juga merupakan alat multifungsi untuk bisnis, solusi digital modern yang dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang ada dan membawa manfaat komprehensif bagi perusahaan.
Manfaat Utama Augmented Reality untuk Bisnis
Penggunaan teknologi AR untuk perusahaan Anda memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Mari kita daftarkan hal-hal yang paling penting, hal-hal yang bersifat universal bagi hampir semua organisasi.
Peningkatan Keterlibatan
Keputusan untuk menggunakan Layanan pengembangan aplikasi AR untuk kebutuhan bisnis Anda akan memungkinkan pelanggan melihat produk dalam mode AR melalui aplikasi seluler atau langsung di situs web (Web AR), sehingga sangat menyederhanakan akses dan meningkatkan kemungkinan interaksi dengan produk.
Augmented reality membantu memusatkan perhatian pengguna selama proses memilih suatu produk, membelinya, atau mencari informasi lebih detail tentangnya.
Keunggulan kompetitif
AR menyadarkan perusahaan dan pelanggan akan kepemimpinan pasar mereka, sehingga menarik pelanggan dan mitra baru serta memperkuat posisi mereka di ceruk target. Jika inovasi penting bagi bisnis Anda, ini adalah argumen yang perlu dipertimbangkan.
Meningkatkan Pendapatan
Meningkatkan kualitas pengalaman pengguna membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih baik dengan audiens target mereka. Pengguna bisa mendapatkan visualisasi dan data lengkap tentang suatu produk hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke produk tersebut. Hal ini memudahkan pengambilan keputusan pembelian.
Meningkatkan Loyalitas Merek
Teknologi AR memungkinkan pelanggan untuk memilih, mencoba, atau mendemonstrasikan produk, membantu perusahaan membantu audiensnya dan meningkatkan loyalitas. Augmented reality dapat meningkatkan penjualan sebesar 14% dengan mempermudah mendapatkan informasi yang Anda butuhkan, yang sangat berharga bagi multitasker modern.
Augmented reality dapat digunakan di berbagai industri dan sektor bisnis. Konversi ke penjualan tumbuh secara signifikan berkat keunggulan teknologi kompetitif ini. Pilihan aplikasi AR dalam bisnis tidak terbatas – fungsi Augmented Reality dapat disesuaikan dengan bisnis dan tugas apa pun, baik itu produksi, perdagangan, atau jasa.
Akhirnya
Perlu diingat bahwa perangkat keras untuk AR/VR menjadi lebih terjangkau setiap tahunnya (kemampuan smartphone modern semakin meningkat), yang mengarah pada peningkatan jangkauan audiens potensial bagi perusahaan yang ingin mempromosikan mereknya.
Sebagai penulis DigitalGpoint, Kami telah menerbitkan lebih banyak artikel yang berfokus pada blogging, bisnis, gaya hidup, pemasaran digital, media sosial, desain & pengembangan web, e-commerce, keuangan, kesehatan, SEO, perjalanan.
Untuk segala jenis pertanyaan, hubungi kami di digitalgpoint.webmail@gmail.com.